About Me

Foto Saya
SMAN 2 Kandangan
SMANDAKA CLUB
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 24 November 2011

Blog sebagai Media Pembelajaran

Era manual telah tergeser oleh era digital, manusia sangat terbantu sekali dalam meringankan pekerjaaannya. Dahulu kala orang mengolah sawah dengan alat sederhana (bajak) membutuhkan waktu yang lama dan tenaga kerja yang mahal dengan adanya mesin pengolah tanah (traktor) pekerjaan lebih mudah dan dalam waktu yang sangat singkat.
Demikin juga dibidang pendidikan kalau jaman dahulu seorang pengajar/guru menulis dipapan tulis menggunakan kapur tulis, kemudian berkembang menjadi white board sekarang lebih mudah dengan menggunakan power point sebagai sarana presentasinya.

Sejalan dengan perkembangan internet yang sangat pesat kita dapat memanfaatkanya untuk menunjang peningkatan prestasi belajar siswa yaitu belajar melalui media alternatif Blog. Blog atau web pribadi dapat menyimpan mater-materi atau bahan ajar yang relefan dengan bidang kita.
Sebagai ilustrasi penulis yang mengampu mapel penjasorkes membuat blog yang berisi materi teknik dasar olahraga, ini sangat membantu sekali karena teori olah raga sangat komplek kalau dijelaskan secara detail membutuhkan waktu yang lama, sebagai gantinya siswa di jelaskan secara singkat dan lebih banyak praktek olahraga. agar siswa lebih paham tentang teori penjasorkes kita beri tugas untuk mengakses materi toeri teknik olahraga di http://susnadispd.blogspot.com .

Media pembelajaran melalui blog memiliki banyak keuntungan diantaranya, siswa dapat belajar materi lebih komplit. waktu yang lebih lama dan tentunya suasana yang lebih menyenangkan karena dapat belajar dimanapun bandingkan dengan pembelajaran tatap muka di kelas.

Semoga media belajar melalui blog dapat dijadikan alternatif dalam peningkatan minat dan prestasi belajar anak didik kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Total Pengunjung

Pengikut