About Me
Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 24 November 2011
analisis
17.18 |
Diposting oleh
SMAN 2 Kandangan
ANALISIS TUJUAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Tujuan
|
Ranah Kompetensi
|
Substansi Materi
|
Implementasi dalam PBM (Hubungan dg KD)
|
||
C
|
A
|
P
|
|||
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai
dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa
Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya
dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan intelektual, serta kematangan
emosional dan sosial
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk
memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan
dan kemampuan berbahasa
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia
sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
|
V
|
V
V
V
V
|
v
V
V
V
|
·
Seluruh materi esensial bahasa
Indonesi
·
Berbicara menggunakan bahasa
lisan untuk mengungkapakan pikiran,perasaan dan informasi dalam kegiatan
berkenalan,diskusi ,bercerita,presentasi hasil penelitian ,serta
mnengomentari pembacaan puisi dan pementasan drama
·
Seluruh materi esensial bahasa
Indonesi
·
Berbicara menggunakan bahasa
lisan untuk mengungkapakan pikiran,perasaan dan informasi dalam kegiatan
berkenalan,diskusi ,bercerita,presentasi hasil penelitian ,serta
mnengomentari pembacaan puisi dan pementasan drama
·
Seluruh materi esensial bahasa
Indonesi
·
mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan
bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis.
·
Seluruh materi esensial bahasa
Indonesi
·
mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan
bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis.
·
Seluruh materi esensial bahasa
Indonesia
·
Memahami wacana lisan dalam
kegiatan penyampaian penyampaian berita,laporan ,saran,berberita,pidato
,wawancara ,diskusi,seminar,pembacaan karya sastra berbentuk puisi,cerita
rakyat,drama,cerpen,dan novel
·
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk
memahami wacana tulis teks nonsastra dan sastra
·
Menggunakan bebbagai jenis
wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran,perasaan ,informasi dalam bentuk
teks
·
Berbicara menggunakan bahasa
lisan untuk mengungkapakan pikiran,perasaan dan informasi dalam kegiatan
berkenalan,diskusi ,bercerita,presentasi hasil penelitian ,serta
mnengomentari pembacaan puisi dan pementasan drama
·
Seluruh materi esensial bahasa
Indonesi
·
Memahami wacana lisan dalam
kegiatan penyampaian penyampaian berita,laporan ,saran,berberita,pidato
,wawancara ,diskusi,seminar,pembacaan karya sastra berbentuk puisi,cerita
rakyat,drama,cerpen,dan novel
·
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk
memahami wacana tulis teks nonsastra dan sastra
·
Menggunakan bebbagai jenis
wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran,perasaan ,informasi dalam bentuk
teks
·
Berbicara menggunakan bahasa
lisan untuk mengungkapakan pikiran,perasaan dan informasi dalam kegiatan
berkenalan,diskusi ,bercerita,presentasi hasil penelitian ,serta
mnengomentari pembacaan puisi dan pementasan drama
|
Terkolaborasi dalam seluruh KD
dan terlaksanana melalaui kegiatan keterampilan proses untuk menemukan konsep
dan prinsip serta menanamkan sikap ilmiah kepada peserta didik
|
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar