About Me

Foto Saya
SMAN 2 Kandangan
SMANDAKA CLUB
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 24 November 2011

analisis


ANALISIS TUJUAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


Tujuan
Ranah Kompetensi
Substansi Materi
Implementasi dalam PBM (Hubungan dg KD)
C
A
P
1.       Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis



2.       Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara




3.       Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan




4.       Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial




5.       Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa









6.       Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.


















V









V








V


























V

















V














v








    V







V








V




·         Seluruh materi esensial bahasa Indonesi
·         Berbicara menggunakan bahasa lisan untuk mengungkapakan pikiran,perasaan dan informasi dalam kegiatan berkenalan,diskusi ,bercerita,presentasi hasil penelitian ,serta mnengomentari pembacaan puisi dan pementasan drama
·         Seluruh materi esensial bahasa Indonesi
·         Berbicara menggunakan bahasa lisan untuk mengungkapakan pikiran,perasaan dan informasi dalam kegiatan berkenalan,diskusi ,bercerita,presentasi hasil penelitian ,serta mnengomentari pembacaan puisi dan pementasan drama
·         Seluruh materi esensial bahasa Indonesi
·          mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut
1.      Mendengarkan
2.      Berbicara
3.      Membaca
4.      Menulis.
·         Seluruh materi esensial bahasa Indonesi
·          mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut
1.     Mendengarkan
2.     Berbicara
3.     Membaca
4.     Menulis.
·         Seluruh materi esensial bahasa Indonesia
·         Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian penyampaian berita,laporan ,saran,berberita,pidato ,wawancara ,diskusi,seminar,pembacaan karya sastra berbentuk puisi,cerita rakyat,drama,cerpen,dan novel
·          Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis teks nonsastra dan sastra
·         Menggunakan bebbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran,perasaan ,informasi dalam bentuk teks
·         Berbicara menggunakan bahasa lisan untuk mengungkapakan pikiran,perasaan dan informasi dalam kegiatan berkenalan,diskusi ,bercerita,presentasi hasil penelitian ,serta mnengomentari pembacaan puisi dan pementasan drama
·         Seluruh materi esensial bahasa Indonesi
·         Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian penyampaian berita,laporan ,saran,berberita,pidato ,wawancara ,diskusi,seminar,pembacaan karya sastra berbentuk puisi,cerita rakyat,drama,cerpen,dan novel
·          Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis teks nonsastra dan sastra
·         Menggunakan bebbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran,perasaan ,informasi dalam bentuk teks
·         Berbicara menggunakan bahasa lisan untuk mengungkapakan pikiran,perasaan dan informasi dalam kegiatan berkenalan,diskusi ,bercerita,presentasi hasil penelitian ,serta mnengomentari pembacaan puisi dan pementasan drama




Terkolaborasi dalam seluruh KD dan terlaksanana melalaui kegiatan keterampilan proses untuk menemukan konsep dan prinsip serta menanamkan sikap ilmiah kepada peserta didik


0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Total Pengunjung

Pengikut